Jumat, 07 Desember 2012

Kutipan, Abstrak, dan Daftar Pustaka


KUTIPAN
Kuitpan secara sederhana dapat diartikan , sebagai suatu kalimat yang dituliskan untuk memberikan ide, gagasan atau pendapat dari suatu tulisan atau sumberlain(laporan, majalah, buku, internet, dan lainnya).
Beberapa fungsi Kutipan, yaitu :
  1. Memberikan penjelasan suatu uraian
  2. Sebagai bahan untuk menguatkan pendapat
  3. Memudahkan penilaian penggunaan sumber dana
  4. Menunjukan kecermatan yang lebih akurat
  5. Menunjukan kualitas ilmiah yang lebih tinggi
 Dalam mengkutip suatu kalimat ada caraatau perinsip yang harus kita tahu. Cara atau perinsip itu adalah sebagai berikut :
  1. Apa bila saat itu mengkutip suatu kalimat dan dikalimat tersebut terdapat ejaan atau kata yang salah, maka kita tidak harus membetulkannya karena . kita sebagai pengkutip tidak diperbolehkan untuk mengganti kalimat orang lain.
  2. Dalam suatu kutipan kita diperbolehkan untuk menghilangkan beberapa bagian selama bagian yang kita hilangkan itu tidak mengakibatkan arti atau makna yang terkandung didalamnya.
Caranya :
·         Menghilangkan bagian kutipan yang kurang dari satu alinea.
·         Bagian yang dihilangkan diganti dengan tiga titik berspasi sepanjang garis (dari margin kiri sampai margin kanan).

Pada umumnya kutipan terdiri dari 2 jenis, yaitu:
  1. Kutipan Langsung  : Kutipan yang diambil sama seperti aslinya tanpa ada perubahan sama sekali dan jika ada kesalahan maka pengutip tidak bertanggung jawab  atas kesalahan tersebut, tetapi pengutip boleh menyesuaikan dengan ejaan yang benar jika terdapat kesalahan dengan memberikan tanda-tanda tertantu. Contohnya huruf miring dengan kutip, garis bawah  dan kurung siku.
  2. Kutipan tidak langsung : Kutipan ini ditulis berdasarkan ringkasan yang telah dibuat dari kutipan aslinya tetapi masih memiliki maksud atau arti yang sama dari kutipan aslinya. Kutipan tidak langsung ditulis menyatu dengan tuilisan yang dibuat pengutip dan tidak perlu memberikan tanda petik, dan penyebutan sumber datap dengan menggunakan catatan kaki.

ABSTRAK  
Abstrak adalah suatu bentuk ringkasan  dari suatu tulisan yang menjelaskan secara singkat mengenai tulisan tersebut atau dengan abstrak ini para pembaca akan mengetahui gambaran umum tentang tulisan yang dibuat oleh penulis. Didalam sebuah abstrak yang baik terdapat komponen-komponen didalamnya dan dengan urutan yang sesuai, agar dapat dimengerti dengan mudah oleh para pembaca.
Beberapa komponen dalam menulis abstraksi, yaitu:
  1. Kalimat yang digunakan sederhana
  2. Menghidari singkatan dan kalimat istilah yang tidak umum digunakan karean akan sulit dimengerti pembaca
  3. Panjang kata yang digunakan untuk abstrak harus diperhatikan , contohnya untuk penulisan ilmiah biasanya sekitar 150 kata.
Selain komponen diatas, dalam menulis abstrak kita juga harus menperhatikan beberapa hal, yaitu:
  1. Abstrak harus dapat menyampaikan seluruh isi dari materi tulisan
  2. Abstrak sebisa mungkin harus dapat memberikan kesan atau pesan yang bagus dan baik  agar pembaca merasa tertarik
  3. Abstrak harus dapat membuat pembaca mengerti tentang hal yang kita sampaikan atau kita tulis dalam abstraksi.
Abstraksi juga terbagi bagi menjadi beberapa jenis. Dan jenis-jenis abstrak itu adalah Abstraksi Indikatif dan informatif
Abstraksi Indikatif adalah abstrak yang menyajikan uraiannya secara singkat padat dan jelas mengenai masalah dalam tulisannya , agar pembaca dapat memberikan penilaian yang sesuai terhadap karya tulis atau tulisan tersebut, maka pembaca dapat berfikir perlu atau tidaknya membaca tulisan asli.
Abstraks informative adalah abstrak yang menuliskan  keseluruhan tulisannya dalam bentuk yang singkat  tetapi benar-benar memberikan atau menyampaikan tulisan yang dia buat, yang disajikan dalam abstraksi informative biasanya berisi judul, penulis, instuisi, tujuan, metode,analisis laporan, hasil penelitian, dan kesimpulan.
Berdasarkan penyusunannya abstrak terbasi menjadi 2, yaitu:
Author Prepared Abstrct adalah abstrak yang disusun dan disiapakan oleh penulis abstrak itu sendiri.
Subject Expert Abstract adalah Abstrak yang disusun oleh seseornag yang bekerja atau memiliki profesi sebagai penulis abstrak.


DAFTAR PUSTAKA
Sebelum membahas pengertian dari daftar pustaka, saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai pengertian daftar. Daftar adalah sebuah catatan yang terdiri dari sejuamlah nama atau hal-hal lain yang disusun berdasarkan deret atau urutan tertantu.
Sedangkan daftar pustaka menurut  KBBI (Kamus Besar  Bahasa Indonesia) merupakan daftar yang terdiri dari judul buku, nama pengarang, penebit, tanggal dan lainnya,dan daftar pustaka ini biasanya ditempatkan pada bagian akhir dari sebuah laporan atau karya tulis lain.
 Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan pengertian daftar pustaka adalah Kalimat yang dituliskan mengenai sumber data atau bahan materi yang kita tuliskan. Dan yang dapa dituliskan itu berupa nama penulis, judul, dan lainnya.
Fungsi Daftar Pustaka
Fungsi dari daftar pustaka adalah untuk memberikan penjelasan mengenai sumber data atau informasi yang kita dapatkan, baik itu dari internet, buku, majalah, hasil penelitian dan lainnya. Agar kita dapat memberikan penjelasan bahwa tulisan yang kita buat itu berdasarkan dari sumber-sumber yang kita sebutkan didaftar pustaka.

Secara umum tatacara menulis daftar pustaka adalah sebagai berikut:
Nama penulis. Tahun. Judul buku. Kota. Penerbit.

Contoh menuliskan daftar pustaka :
  1. Dari  Buku atau  majalah
Ahmadi. 1990. Belajar singkat. Depok:Terbit Terus.
Jika menggunakan nama asing biasanya dibalik cara penulisannya, contoh:  Jhon van
Van, Jhon.2003.Technology simple.West:Universal Simple.
  1. Dari Internet
Ahmadi, N.(2002).Singkatan kalimat(online).Tersedia: Http://jenis2klmt.blogg.com/2002/11/singkatan-kalimat.html. (12  april 2007).
  1. Dari jurnal penelitian
Ahmadi.2008.Meningkatkan karya tulis pelajar smp.(Jurusan Bahasa Nomor 06 Volume 1 Thaun II).Depok:Balai Bahasa jawa.


Sumber:   Di ambail dari sumber (07 Desember 2012, Sekitar jam 14 .30 WIB).

2 komentar:

  1. hei kawan .. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus
  2. Hi there! I simply want to offer you a huge thumbs up for your great information you have right here on this post.I will be coming back to your site for more soon.
    Tableau Guru
    http://www.sqiar.com

    BalasHapus