Terdapat beberapa teori dan pengertian mengenai organisasi, ada yang sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat untuk orang-orang atau masyarakat berkumpul, bekerjasama, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama.
Pengertian Organisasi
Secara sederhana Organisasi dapat diartikan Sebagai tempat atau wadah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat yang memiliki tujuan dan keinginan yang sama atau untuk mencapai visi dan misi yang telah dibentuk bersama. Organisasi yang dibentuk ada yang secara resmi(berbadan hukum) maupun yang tidak resmi(tidak berbadan hukum). Organisasi juga berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam mencapai tujuan dari suatu organisasi, dan sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.
Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
1. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
2. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Unsur-unsur Organisasi
Secara sederhana unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
1. Harus ada tempat untuk bekerja sama.
Maksudnya setiap orang yang ingin mencapai keinginannya tetapi tidak dapat mencapainya sendiri, maka orang tersebut harus mencari beberapa orang yang memiliki keinginan yang sama, sehingga terbentuklah suatu kelompok masyarakat yang memiliki keinginan yang sama yang dapat disebut organisasi atau dapat disebut juga tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki keinginan yang sama dan ingin mencapainya.
2. Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
Maksudnya setiap organisasi harus memiliki anggota-anggota yang harus saling beinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
3. Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
Maksudnya setiap anggota organisasi harus memiliki jabatan atau suatu organisasi harus memiliki susunan organisasi yang jelas, seperti ketua, wakil ketua, sekertaris, bendahara, dan anggota. Dan setiap anggota yang memiliki jabatan harus menjalankannya secara benar agar suatu organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik.
4. Harus ada tujuan bersama yang ingin dicapai.
Maksudnya setiap organisasi hasrus memiliki tujuan dan keinginan yang ingin dicapai bersama. Tujuan dari sebuah organisasi tersebut dapat dicontohkan seperti visi dan misi suatu organisasi.
Karakteristik Organisasi
Kerasteristik organisasi adalah perilaku dan tingkah laku suatu badan/institusi terhadap kondisi yang ada diluar institusi itu maupun didalam institusi itu sendiri, contohnya didalam dunia bisnis mereka selalu fokus kepada pelanggannya yang dari luar perusahaan itu tapitapi mereka tidak focus terhadap orang-orang di dalam perusahaan yang merupakan aset perusahaan itu sendiri. (Maksudnya Masih jarang sebuah institusi itu menganggap karyawannya berpotensi untuk jadi aset dan akhirnya kurang mendapat perhatian dari perusahan itu sendiri), jadi semua mengarah kepada mutu yang ditentukan oleh hal-hal seperti yang tertulis sebelumnya.
Kerakteristik Organisasi yang efektiv adalah :
1. Concern terhadap SDM dan memperlakukan SDM sebagai Asset yang berharga
Maksudnya dalam suatu organisasi itu harus memperhatikan sumber daya manusia(SDM) yang ditujukan untuk mendukung kinerja atau kelangsungan dari suatu organisasi.
2. Program Training dan Pengambangan terbuka seluas-luasnya
Maksudnya setiap Organisasi atau pun anggota organisasi bebas mencari suatu informasi atau pengetahuan tertentu yang dapat mendukung organisasi.
3. Program kompensasi terlaksana dengan baik
Maksudnya setiap dari kegiatan yang ada disuatu organisasi tersebut harus dijalankan atau dikerjakan dengan baik agar tidak mengganggu kegiatan organisasi dan organisasi dapat berjalan dengan baik.
4. Tingkat perputaran SDM rendah
Maksudnya dalam suatu organisasi kita harus dapat memanfaatkan SDM yang ada dengan semaksimal mungkin agar dapat menjalankan organisasi dengan semaksimal.
5. Top manajemen mempunyai komitmen dan mendukung terhadap perkembangan SDM
Maksudnya suatu organisasi harus mendukung atau memenuhi kebutuhan atau keperluan SDM agar dapat bekerja dengan baik dalam menjalankan organisasi.
6. Semua Team turut berpartisipasi dalam membuat kebijakan organisasi
Maksudnya setiap anggota organisasi harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://dahlanforum.wordpress.com/2009/07/21/unsur-unsur-organisasi/
http://adigugun2000.wordpress.com/2008/02/24/karakteristik-organisasi-yang-efektif/
Diambil dari sumber pada hari kamis, 29-09-2011 jam 20.50 – 21.03
Tidak ada komentar:
Posting Komentar