Rabu, 13 Oktober 2010

Individu, Keluarga, dan Masyarakat

INDIVIDU
A. Pengertian Individu
Individu berasal dari bahasa latin, “individuum”yang artinya “yang tak terbagi”. Jadi, Manusia sebagai makhluk individu artinya tidak dapat di pisahkan antara jiwa dan raganya dan dalam proses perkembangannya perlu keterpaduan antara perkembangan jasmani dan rohaninya.

KELUARGA
B. Pengertian Keluarga
Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta: kula dan warga "kulawarga" yang berarti "anggota" "kelompok kerabat". Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah, bersatu.Keluarga inti ("nuclear family") terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak.

MASYARAKAT
C. Pengertian Masyarakat
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka, dimana sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok atau komunitas tersebut. Dimana sebuah komunitas yang interdependen atau saling tergantung satu sama lain. Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemaslahatan.

Individu, keluarga, dan masyarakat mempunyai hubungan yang erat antara satu sama lainnya.

Sebagai makhluk sosial seorang individu tidak dapat berdiri sendiri, saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainnya. Maka dengan hubungan antara individu yang sangat erat menciptakan sekelompok individu yang kecil atau dapat juga disebut keluarga.
Keluarga dengan berbagai fungsi yang dijalankan adalah sebagai wahana dimana seorang individu mengalami proses sosialisasi yang pertama kali, sangat penting artinya dalam mengarahkan terbentuknya individu menjadi seorang yang berpribadi.
Sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat, keluarga mempunyai korelasi fungsional dengan masyarakat tertentu, oleh karena itu dalam proses pengembangan individu menjadi seorang yang berpribadi hendaknya diarahkan sesuai dengan struktur masyarakat yang ada, sehingga seorang individu menjadi seorang yang dewasa dalam arti mampu mengendalikan diri dan melakukan hubungan – hubungan sosial di dalam masyarakat yang cukup majemuk.

Sumber : http://muchad.info/muchad/hubungan-antara-individu-keluarga-dan-masyarakat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar